Belanja, belanja merupakan
aktivitas yang menjadi sebuah rutinitas yang terjadwal dalam hal ini kebutuhan
pokok yang memang setiap bulannya habis dikonsumsi. Lain halnya kalo belanja
yang menjadi keinginan, barang yang memang sudah dimiliki namun masih ingin
punya lagi dengan alasan agar bisa berganti ganti dan nggak itu itu mulu. Kalo
dilihat dari tempatnya, untuk sekarang ini memang cukup banyak tempat
perbelanjaan yang menawarkan begitu banyak barang. Namun kadang memang perlu
tenaga tambahan untuk bisa ke tempat itu, tapi masalah itu sudah nggak terlalu
menjadi hal yang membuat ‘pusing’ karena tempat-tempat seperti itu sudah
berdiri bangunan-bangunan kokoh yang berjejer. Ditambah lagi sekarang
dipermudah dengan layanan belanja online, belanja offline aja udah bisa
dijangkau lha ini malah ada belanja online, makin tambah ‘semangat’ aja nih
belanja nya.
Belanja bukan hal yang buruk,
hanya saja kalo belanjanya itu nggak terkontrol alias overdosis itu yang bisa
bikin buruk dan lagi kondisi kantong yang lagi nggak bersahabat. Apalagi kalo
kantong nya itu lagi seret, boro boro mikirin belanja buat makan aja kadang
bisa di kesampingkan. Nah, yang seperti itu yang seharusnya di kontrol,
terjadwal dan nggak terlalu semangat belanja.
Nah, ngomongin soal belanja kadang
saya itu mikir orang belanja itu kayak orang yang terhipnotis. Kenapa nggak,
soalnya pas belanja itu ngeliatnya barang yang bagus bagus, model yang keren,
bahan yang menggiurkan dan serasa kalo pas belanja itu ke hipnotis. Seringkali
saya temui barang yang hendak saya beli itu emang perlu saya beli, namun
setelah keliling dan memilih model, bahan, kualitas jahitan (baju, celana, dll)
saya menemui barang yang ‘sepertinya’ cocok buat sehari hari tapi itu pas masih
ditempat pembelanjaan. Pas dirumah, setelah diliat liat dan di cek lagi timbul
rasa ‘nyesel’ beli barang itu. Mulai bertanya tanya pada diri sendiri “kenapa
saya beli ini?”, model nya nggak jelas gini?, bahan nya juga agak kurang? So,
barang yang bagus diantara yang bagus di tempat belanja itu kadang malah
berkebalikan sama pas udah dibeli. Jadi seakan akan saya ke hipnotis buat beli
barang itu yang nggak mikir pantes nggak pas saya pake, ngerasa aneh nggak pas
saya pakai nanti? Itu pertanyaan yang nggak terjawab di tempat belanja dan baru
sadar pas di rumah dan udah terlanjur beli barang itu. Seakan akan barang itu
pun bisa ngomong “beli saya, beli saya, beli saya” itu yang terjadi kalo barang
nya bisa ngomong.
Itu kalo beli offline alias on
the spot alias langsung beli ditempat, lain hal nya kalo beli online. Beli
online itu memudahkan untuk tidak perlu pergi ke tempat belanja dan berdesak
desakan dengan orang lain. Kalo online itu hanya perlu sabar yang ekstra,
nungguin barang nyampe alamat yang bener, milih penjual yang udah pasti
testimoninya dan sabar kalo nggak sesuai ekspektasi (yang diinginkan). Tingkat
kekecewaan belanja online itu kadang lebih besar kalo dibandingkan dengan
offline. Secara gitu barang yang mau dibeli cuman bisa liat photonya aja, baca
keterangan aja tapi nggak bisa menilai secara fisik nya.
0 komentar:
Posting Komentar