Kamis, 09 Februari 2017

Belanja



Belanja, belanja merupakan aktivitas yang menjadi sebuah rutinitas yang terjadwal dalam hal ini kebutuhan pokok yang memang setiap bulannya habis dikonsumsi. Lain halnya kalo belanja yang menjadi keinginan, barang yang memang sudah dimiliki namun masih ingin punya lagi dengan alasan agar bisa berganti ganti dan nggak itu itu mulu. Kalo dilihat dari tempatnya, untuk sekarang ini memang cukup banyak tempat perbelanjaan yang menawarkan begitu banyak barang. Namun kadang memang perlu tenaga tambahan untuk bisa ke tempat itu, tapi masalah itu sudah nggak terlalu menjadi hal yang membuat ‘pusing’ karena tempat-tempat seperti itu sudah berdiri bangunan-bangunan kokoh yang berjejer. Ditambah lagi sekarang dipermudah dengan layanan belanja online, belanja offline aja udah bisa dijangkau lha ini malah ada belanja online, makin tambah ‘semangat’ aja nih belanja nya.

Belanja bukan hal yang buruk, hanya saja kalo belanjanya itu nggak terkontrol alias overdosis itu yang bisa bikin buruk dan lagi kondisi kantong yang lagi nggak bersahabat. Apalagi kalo kantong nya itu lagi seret, boro boro mikirin belanja buat makan aja kadang bisa di kesampingkan. Nah, yang seperti itu yang seharusnya di kontrol, terjadwal dan nggak terlalu semangat belanja.

Nah, ngomongin soal belanja kadang saya itu mikir orang belanja itu kayak orang yang terhipnotis. Kenapa nggak, soalnya pas belanja itu ngeliatnya barang yang bagus bagus, model yang keren, bahan yang menggiurkan dan serasa kalo pas belanja itu ke hipnotis. Seringkali saya temui barang yang hendak saya beli itu emang perlu saya beli, namun setelah keliling dan memilih model, bahan, kualitas jahitan (baju, celana, dll) saya menemui barang yang ‘sepertinya’ cocok buat sehari hari tapi itu pas masih ditempat pembelanjaan. Pas dirumah, setelah diliat liat dan di cek lagi timbul rasa ‘nyesel’ beli barang itu. Mulai bertanya tanya pada diri sendiri “kenapa saya beli ini?”, model nya nggak jelas gini?, bahan nya juga agak kurang? So, barang yang bagus diantara yang bagus di tempat belanja itu kadang malah berkebalikan sama pas udah dibeli. Jadi seakan akan saya ke hipnotis buat beli barang itu yang nggak mikir pantes nggak pas saya pake, ngerasa aneh nggak pas saya pakai nanti? Itu pertanyaan yang nggak terjawab di tempat belanja dan baru sadar pas di rumah dan udah terlanjur beli barang itu. Seakan akan barang itu pun bisa ngomong “beli saya, beli saya, beli saya” itu yang terjadi kalo barang nya bisa ngomong.

Itu kalo beli offline alias on the spot alias langsung beli ditempat, lain hal nya kalo beli online. Beli online itu memudahkan untuk tidak perlu pergi ke tempat belanja dan berdesak desakan dengan orang lain. Kalo online itu hanya perlu sabar yang ekstra, nungguin barang nyampe alamat yang bener, milih penjual yang udah pasti testimoninya dan sabar kalo nggak sesuai ekspektasi (yang diinginkan). Tingkat kekecewaan belanja online itu kadang lebih besar kalo dibandingkan dengan offline. Secara gitu barang yang mau dibeli cuman bisa liat photonya aja, baca keterangan aja tapi nggak bisa menilai secara fisik nya. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.