Selasa, 11 Desember 2012

Sampah, Masalah yang Kompleks???

Sampah adalah masalah yang paling kompleks dalam masyarakat maupun negara. sampah itu sendiri merupakan hasil buangan dari barang-barang atau sesuatu yang sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Contoh dari sampah itu sendiri ada yang organik dan anorganik. Contoh dari organik antara lain kertas bekas, karton bekas, kain bekas, daun pembungkus makanan dan sampah lain yang bahan bakunya berasal dari bahan organik di alam, seperti tumbuhan dan hewan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah lapuk dan berbahan bukan dari makhluk hidup, antara lain plastik, batu baterai, bola lampu, kaca, dan barang bekas yang terbuat dari logam.
Dalam sebuah Instansi Pendidikan misalnya, sudah mulai ditanamkan budaya untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

Dari sampah organik dapat di daur ulang menjadi pupuk kompos, yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman. sedangkan yang anorganik dapat di daur ulang dalam bentuk yang lain, yang masih dapat dimanfaatkan tentunya. 
Nah, tidak mungkin kan jika semua orang tidak membuang sampah setiap hari, soalnya yang ada disekitar kita itu adalah sampah. Dari kebiasaan tersebut, bukan tidak mungkin akan terjadi penumpukan sampah yang berkepanjangan. Nah, pendistribusian sampah ini telah digalakkan untuk di tempatkan dalam satu tempat yaitu TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang ada di daerah Bantar Gebang, Bekasi. 

Di daerah Bantar Gebang merupakan tempat pembuangan akhir sampah dari berbagai daerah yang ada disekitar daerah Bekasi. Dari sampah ini memiliki gas yang dapat dimanfaatkan yaitu Gas Metana. Gas Metana ini dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik, jika dalam jumlah yang besar. karena TPA yang ada di Bantar Gebang sudah hampir membentuk gunung. Oleh karena itu Gas Metananya dapat di manfaatkan untuk Pembangkit Listrik.   


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.