Sabtu, 07 Maret 2015

Jangan Salah Sangka

Ilmu desain itu bebas, bebas mengutarakan hasil pikirannya, menuangkan hasil karyanya. Dan itu karena jadi desainer itu adalah orang yang bener bener kreatif, karena semua hal dapat diubahnya menjadi sebuah mahakarya. Dan karena itu juga buat belajar jadi seorang desainer itu nggak murah alias mahal. Dan karena itu saya nggak bisa sekolah desain, padahal saya pengen banget bisa jadi seorang desainer. Hehe. Tapi sejatinya semua orang itu memiliki peluang jadi seorang desainer, kenapa? Karena semua orang itu memiliki kreativitas masing-masing, dan tinggal ngembangin menjadi sebuah karya yang dapat nilai plus.

Dan yang paling bisa menjadi nilai plus itu saat benda/sesuatu yang bahkan orang biasa nggak nyangka itu malah jadi sebuah karya. Sesuatu yang biasa di jumpai/dilihat itu yang bikin saya (orang biasa/awam) merasa kagum dan pengen rasanya bisa kayak gitu. Tapi itu pun bisa aja karena emang si desainer itu menginginkan tema yang seperti itu, cuman di olah biar jadi karya. Sama dengan saya, saya emang seneng kalo liat desain-desain itu, baik itu yang temanya typography atau bukan dan yang pasti itu udah di set dengan tema yang ingin diambil.

Pernah saya ikut ngirim sebuah karya yang temanya kemerdekaan di grup pesbuk. Dan awalnya cuman liat-liat aja karya orang yang udah di upload, tapi apa cuman liat doang nggak pengen nyoba upload. Merasa tertantang saya. Lalu saya coba liat-liat lagi karya yang udah di upload itu dan coba cari desain yang lain (sebagai bahan referensi). Dan saya ambil tema ‘lope’. Nggak tau kenapa saya ambil tema itu, mungkin karena pengen aja dan pengen juga biar keliatan beda dari pada umumnya. Karya ini akhirnya saya skets dulu di buku bergambar, tapi apalah arti buat saya yang nggak bisa bikin sketsa. Tapi belum sampai di situ saya harus menyerah, saya buat seolah-olah itu mirip banget dengan gambar ‘lope’ dan nggak ngilangin apa yang ingin di hadirkan (dalam hal ni angka 69, yang artinya 69 tahun indonesia merdeka). Mungkin ini beberapa alasan kenapa saya ambil tema lope buat desain saya
  •  Biar beda

Bukannya pengen sombong, tapi ini bener bener saya pengenin. Lagian pas saya liat beberapa desain dari desainer itu kurang lebih sama temanya, pake gambar garuda, entah itu cuman kepalanya, paruhnya atau malah seluruh badannya. Sekali lagi yak, saya nggak bermaksud sombong, cuman pengen aja yang beda.
  • Kayaknya unik

Nah, abis pengen beda. Ini juga boleh jadi alasan saya. Unik. Iya kan, kalo yang pada umumnya aja udah banyak kan jadi nggak spesial ...haha. alasan itulah yang saya pake buat ambil tema lope di desain saya.
  • Terbawa perasaan

Waduh, kalo yang satu ini kayaknya enggak banget deh buat saya. Mungkin emang betul kalo nge-desain itu juga perlu dukungan perasaan. Perasaan yang lagi seneng, galau, atau apalah itu bisa jadi ujung tombak buat hasilnya. Kalo perasaan seneng sih oke, tapi kalo galau? Ah sudahlah.

Terbawa perasaan. Bisa ng-efek juga lho ke hasil desainnya. Kalo lagi seneng perasaan si desainer itu bakalan bagus juga hasilnya, tapi kalo yang terjadi adalah sebaliknya adalah kalo si desainer itu lagi galau? Haha....tapi mungkin ada juga lho desainer yang emang harus galau karo mau nge-desain. Mungkin. Tapi itu kayaknya bukan saya..hahhahhaha. Cukup saya galau kalo mau nulis aja, nggak buat nge-desain. #eh. Dan karena alasan yang ketiga itu temen saya komen sepeti ini ‘ciyeee yang hatinya lagi berbunga-bunga, gambarnya pun juga lope’. Haduh.


Dan tema yang saya ambil itu (kemerdekaan) sama pas saya ngegambar buat stiker pertamax yang ada di kaskus. Dan pas pengen minta saran temen, nggak sengaja pas saya buka file nya mereka pada tau beberapa desain saya yang lain dan itu yang di liat pas gambar yang ada lope nya. Yowislah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.