Minggu, 22 Maret 2015

Putri Malu

Putri malu. Tumbuhan yang satu ini memiliki keunikan sebagai tumbuhan. Uniknya kalo di sentuh dengan atau tanpa alat dia langsung kuncup (malu). Itu karena untuk menghindari predator yang akan menyerangnya, sebagai alat pelindung diri. Buat lebih jelasnya cari aja disini. Tapi herannya kenapa bukan duri yang ada di setiap batangnya yang di gunakan sebagai pelindung, malah saat dia kuncup. Nah, bagusnya dari tumbuhan putri malu ini sering buat mainan saat saya kecil dulu. Dibikin kuncup semua daunnya di seluruh tubuh tumbuhan ini. Karena tumbuhan putri malu ini adalah jenis tumbuhan yang menjalar, dan tersebar memanjang bukan meninggi.

Dulu sering nyentuhin daun putri malu ini, pengen aja nyentuh dan unik karena akan kuncup kalo di sentuh dan lucu (pikiran anak kecil dulu). Setiap maen deket sungai, pasti ada tumbuhan ini dan tidak ketinggalan buat nyentuh daunnya.

Pernah kepikiran nggak, berapa lama waktu yang di butuhkan buat si putri malu ini mengembangkan lagi daunnya. Nggak ada kerjaan. Mungkin ini jadi alasan kenapa orang nggak memperhatikan. Tapi itu bukan alasan buat saya, karena saya sendiri yang penasaran buat nyaksiin mengembangnya daun putri malu ini. Terserah mau di katain nggak ada kerjaan atau apalah, tapi emang waktu itu pas nggak ada kerjaan. Jadi daripada bengong nggak jelas, mending ngitungin waktu daun putri malu ini kembali mengembang setelah kuncup. Dan penasaran itu saya penuhi dengen menyentuh dulu daunnya, baru siapin timer buat ngitung berapa lama daun itu kembali mengembang. Ini juga nggak sengaja saya ketemu tumbuhan putri malu, soalnya sekarang kayaknya udah jarang ada di sekitar dan terlebih lagi saya lagi di perantauan, yang isinya cuman gang gang bertatakan persegi panjang dan sedikit di cor dan juga di pinggirnya cuman ada saluran air yang kadang kadang meluap pas lagi ujan gede.


Waktu itu saya sama temen saya mengikuti karyawan yang sedang bekerja buat check alat alat yang ada di lapangan (wilayah pabrik). Dan pas itu sedikit ada lahan kosong yang tumbuh rumput rumput dan sedikit tumbuhan putri malu ini. Selagi nungguin karyawannya nge-check, iseng nemu putri malu. Tanpa pikir panjang, langsung saya sentuh (karena udah kebiasaan jaman kecil dan greget pengen nyentuh kalo ada tumbuhan putri malu). Awalnya saya nggak kepikiran mau nungguin sampe mengembang lagi, tapi itu malah bener bener saya pantengin. Setelah beberapa waktu saya sentuh, saya liat jam yang ada di tangan udah nunjukin waktu udah berjalan satu menit dan itu masih kuncup. Selagi masih lama si karyawanya nge-check, saya putuskan buat mantengin terus ampe ada tanda tanda akan mengembang lagi. Dan itu terlihat saat waktu masuk di menit kelima, alias udah lima menit saya mantengin itu dan baru ada tanda tanda akan mengembang lagi. Lima menit yang di butuhkan si putri malu buat mulai mengembangkan daunnya kembali. Mungkin sekitar 10 menit akan kembali normal seperti sebelum di sentuh. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.