Senin, 02 April 2018

Pengantar Tidur



Tidur atau istirahat menjadi salah satu kebutuhan makhluk hidup yang telah keras menjalani padatnya aktivitas setiap harinya. Bahkan jam tidur pun menjadi begitu penting dalam 24 jam dan secara medis jam tidur ialah 7 – 8 jam/hari itu untuk orang yang berumur kurang dari 20 tahun, karena beda umur seseorang beda pula jam tidurnya. Salah satu tanda seseorang membutuhkan istirahat ialah adanya signal dari tubuh yakni menguap dan kadang sekujur tubuh pun merasakan rasa lelah yang amat terasa. Mulai dari menguap, trus mata seakan berat untuk melek dan waktu berkedip pun terasa begitu lama.

Ada beberapa faktor mempercepat timbulnya rasa kantuk ini, mungkin ini ada yang merasakan juga :
  • Padatnya aktivitas yang menguras tenaga. Untuk yang satu ini memang menjadi faktor utama cepat timbulnya rasa kantuk, karena badan lelah dengan aktivitas yang padat bahkan tidak sempat untuk istirahat sejenak hanya untuk merebahkan badan. Dan setelah merasakan rasa lelah yang hebat, seakan akan yang ada dipikiran setelah ini ialah hanya ingin cepat merem dan melupakan/mengikhlaskan rasa lelah itu hilang sendiri, tak khayal juga tidak sempat untuk membersihkan badan (mandi).
  • Buku. Sebagian orang yang menjadikan buku sebagai bagian kegiatan untuk menutup kebosanan akan aktivitas menjadi salah satu trik sendiri. Namun malah sebaliknya mengakibatkan timbulnya rasa kantuk yang mengundang. Ini berlaku hanya untuk orang yang kesehariannya bukan hobi baca buku (novel atau sejenisnya), kalo sebaliknya untuk orang orang yang hobi baca buku mungkin malah menjadi obat dari kantuk.

  • Menonton film. Salah satu kegiatan untuk membunuh rasa bosan dan mengisi waktu luang disela sela kesibukan. Atau mungkin menjadi kegiatan yang nggak pernah terlewatkan karena memang nggak ada kegiatan lain lagi. Menonton film sambil tiduran – ketiduran.
  • Main game. Ini juga aktivitas sebagian orang yang suka dengan kegiatan ini. Sama seperti membaca buku, bagi sebagian orang ini menjadi pengundang kantuk dan bagi sebagian lagi malah jadi obat kantuk.
Itu beberapa faktor yang bisa mendatangkan kantuk lebih cepat dari biasanya, rasa kantuk timbul karena aktivitas mata yang sudah melebihi target per harinya, menjadikan mata kita lelah dan memberikan signal untuk istirahat sejenak. Mata lelah bisa saat merem sejenak, bisa juga sampai menimbulkan rasa perih/pedas di mata dan rasa beban berlebih di kelopak mata seakan akan ada yang menggantung dan bermain dengan bulu mata.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.