Selasa, 15 Oktober 2013

Hari Raya Qurban

Hari raya, hari yang menjadi hari besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Ada 2 hari besar ini, yakni hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Hari raya Idul Fitri merupakan hari raya yang sebelumnya melakukan puasa 1 bulan penuh. Berbeda halnya dengan hari raya Idul Adha atau yang sering disebut dengan istilah hari kurban yang hanya di sunnahkan untuk puasa 10 hari sebelum hari raya.


Nah, disini saya akan menceritakan mengenai hari raya Idul Adha, kenapa?karena hari ini adalah hari raya Idul Adha. Hari yang digadang-gadangkan sebagai hari kurban. Kurban disini ialah seperti menyembelih hewan kurban seperti sari, kambing, domba dan lain-lain.
Malam sebelum hari raya atau disebut juga malam takbiran. Malam yang dihiasi dengan gema takbir di setiap masjid. Sore tadi saya yang sedang main ke kost temen, biasa hanya main dan sekedar menghilangkan penatnya di kost sendiri. Sambil menunggu matahari yang hendak terbenam di ufuk barat, ternyata ada teman yang minta bantuan untuk memasang antenna tv. Ya, berhubung lagi nggak ngapa-ngapain yaaa….ikut ajalah, daripada bengong/ngelamun. Iya nggak? Bantu-bantuin pasang antenna tv, ternyata belum ada bambunya. Sebenarnya sih udah ada,tapi tidak cukup kuat untuk beberapa hari kemudian. Jadi ditunda dulu hingga ada bambu yang cukup kuat. Karena keasyikan pasang sana-sini,jadi nggak terasa hari sudah semakin gelap. Jadi diputuskan untuk pulang dan akan dilajutkan besok lagi. Sepanjang jalan menjuju kostan, ternyata sudah terdengan adzan maghrib yang menandakan kita segera menunaikan ibadah sholat maghrib.
Sehabis sholat maghrib, malam takbiran pun dimulai. Dengan gema takbir di setiap masjid bertanda bahwa malam takbiran telah dimulai. Allah akbar 3X, laillahaillah allah akbar, allah akbar walillah ilham begitulah bunyi takbir yang selalu bergema di setiap masjid. Begitu banyaknya orang pergi ke masjid untuk ikut mengumandangkan takbir. Dan juga malam itu di hiasi dengan hujan yang rintik-rintik dan hembusan angin yang menyegarkan atau membuat dingin.
Sebenarnya sih pengen sekali ikut mengumandangkan takbir bersama di masjid, tapi nggak tau kenapa seakan enggan dan minder untuk beranjak pergi. Mungkin nggak ada temennya kali ya?hahahah……..tapi nggak apa-apa yang penting hati ini ikut mengumandangkan takbir. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.