Jumat, 25 Desember 2015

Kenangan Masa Kecil


Kenangan itu nggak gampang hilang gitu aja, akan terus teringat dalam otak yang bergiga-giga kapasitasnya. Namun hal itu nggak terus teringat, kadang pernah lupa karena nggak ada momen yang bisa mengingatkan lagi dan refresh otak dengan kejadian yang mirip dengan apa yang dulu pernah dilakukan. Ngomongin masalah kenangan, ada kata-kata seperti ini “ingatan itu adalah sesuatu yang hidup dalam hati” kata yang lagi-lagi saya dapatkan dari salah satu anime yang suka saya tonton. Jadi hati sama otak itu sama-sama merupakan anugerah yang sangat berharga, dengan kapasitas yang nggak bisa dibandingkan dengan memori dari perangkat elektronik sekalipun.

Nah, ngomongin masalah kenangan saya jadi pengen nularin kenangan masa kecil saya kedalam sebuah rangkaian kata yang terbentuk kalimat hingga mencapai paragraf. Dimulai dari waktu saya masih bersekolah SD atau bahkan masih SMP. Saya yang punya kebiasaan ‘olahraga’ di sore hari, karena pagi hingga siang hari saya belajar di bangku sekolah, dan saat hampir sore hari menjelang tanpa ada jadwal tertulis tapi hal itu saya lakukan cukup konsisten. Kenapa kata olahraga diatas saya kasih tanda petik? Karena saat saya masih umur segitu, istilah olahraga itu nggak harus ngelakuin apa yang dilakukan di televisi, tapi istilah olahraga menurut saya itu yang sekedar bergerak yang bervariasi dari jenis gerakannya, temponya. Dan olahraga ini adalah bermain sepak bola. Iya, sepak bola yang menjadi jadwal nggak tertulis tapi cukup konsisten saya lakukan tiap sore.



Main sepak bola itu hal yang wajar untuk orang yang berumur segitu, karena nggak ada permainan yang seasyik sepak bola. Dan bermain bola itu saya lihat adalah olahraga yang keren, cowo baget. Nah, kenangan yang akan saya tulis disini ngebahas kenangan saya maen bola. Tapi bukan permainan bola yang biasa, tapi “biasa”. Dan bermain bola yang “biasa” itu adalah bermain bola saat hujan turun. Itulah sebabnya saya tulis kata biasa saya pake ini tanda kutip. Soalnya kalo main bola pas nggak turun hujan, itu udah biasa dan emang biasa dilakuin pasti. Tapi beda kalo mainnya pas hujan turun, walau sering saya lihat di tipi kadang ada juga para pemain sepak bola yang main di waktu hujan, tapi kan mereka emang ada jadwal pertandingan dan itu musti dilakuin mereka, beda dengan saya yang kalo main pas pengen doang, nggak ada jadwalnya. Awalnya sih main seperti biasa pas hari nggak hujan, tapi pas hujan turun bukanya berhenti buat neduh malah dilanjutin ampe bener-bener nggak mau maen lagi. Nah, dari kenangan itu ada beberapa hal unik didalamnya, dan hal unik itu yang saya akan kupas disini.

Pertama, olahraga yang nggak nyari keringat. Iya, tujuan sebenarnya dari berolahraga itu kan nyari keringet, biarin badan kita keringetan kata orang-orang kalo kita sering keringetan pas olahraga itu tandanya sehat. Dan tujuan yang sebenarnya adalah pengen sehat. Kenapa yang saya tulis itu ‘olahraga yang nggak nyari keringet’? faktor pertama yang pasti adalah karena mainnya pas hujan turun, jadi secara nalar badan kita nggak bisa ngeluarin keringet karena hujan yang turun membasahi badan kita.


Kedua, anak kecil itu katanya anak angin. Wah, nggak tau saya dari mana istilah ini, tapi saya juga sering denger kata itu. Kalo menurut saya, istilah ini karena anak kecil yang terlalu aktif mengekspresikan diri tanpa ada ketakutan buat ngelakuin sesuatu. Nekat. Iya, istilah yang tepat buat anak-anak. Dan pas saya maen bola pas hujan dulu, itu saya nggak terlalu mempermasalahkan dampaknya. Karena main bola kan olahraga, jadi pasti akan sehat dan nggak mungkin sakit. Kata itu yang ngejudge saya nekat main bola saat hujan. Dan nggak mikirin kalo kehujanan lama itu bisa sakit, masuk angin. 
Share:

2 komentar:

  1. bukan gak ngeluarin keringat sih, tapi keringatnya ketutupan air hujan, jadi seolah olah gak berkeringat (?) XD

    BalasHapus

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.