Minggu, 06 Januari 2013

Teknologi, Dampak Bagi Pengguna?


Teknologi yang mulai berkembang sangat pesat untuk bangsa yang mulai memasuki kemodernan. Hal-hal yang berbau modern mulai merasuk dan berkembang pesat untuk negara yang masih memiliki rakyat yang sebagian besar masih terlalu awam. Perkembangan teknologi ini telah mengalami perubahan dari generasi-generasi yang lalu, jadi setiap masa muncul generasi-generasi yang baru seperti orang-orang yang mulai lebih mengenal dunia secara  bertahap dan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih dibanding generasi yang lalu. Generasi Z atau digital untuk julukan generasi sekarang dengan perkembangan teknologi yang lebih berkembang, orang-orang yang lebih pintar bahkan jenius, yang mengerti segalanya hanya dengan satu tombol atau yang sering keluar dari mulut-mulut orang zaman sekarang. Dengan adanya perkembangan dari orang-orangnya yang lebih menunjang, muncullah produk yang mulai merajai dunia pasar. Seperti halnya handphone, netbook/notebook, tablet dan lain-lain. Dan handphone pun telah mengalami perkembangan dari segi fitur, design, aplikasi dan sebagainya. Hal-hal yang dapat diambil dari munculnya produk-produk ini tidak lain adalah dampak-dampak yang menyertainya, seperti dampak positif dan negatif. Sebagai contoh dari dampak positifnya ialah memudahkan kita untuk berkomunikasi dari jarak yang dekat maupun jauh, sebagai sumber informasi yang dapat diambil hikmahnya. Selain dampak positif tentunya ada lawan katanya yaitu dampak negatif, seperti penyalahgunaan terhadap tekonologi ini, juga dilihat dari penggunanya (user), penggunaan aplikasi yang kurang mendukung. Dalam hal ini sering kita ketahui bawasannya setiap orang itu memiliki keperluan maupun hal apa yang harus ia ambil, hal yang penting tentunya.

Mengenai hal-hal apa yang dapat digali dari produk handphone ini, ada kalanya seseorang yang menggunakan handphone ini atau penggunanya merasa senang, gembira, sedih, dan lain-lain. Ada beberapa atau bahkan sebagian besar pengguna produk ini merasakan hal tersebut secara berkala/silih berganti. Sering kita lihat di sekitar kita ada seseorang yang ketawa-ketawa melihat hpnya sendiri/membaca sms yang dapat merubah dirinya merasa demikian.

Internet juga salah satu contoh dari perkembangan teknologi ini yang bermanfaat untuk mendapatkan informasi secara global dan dapat di akses dengan mudah pada tahun-tahun ini. Kemudahan dalam mendapatkan informasi ini dan juga didukung dengan akses yang mudah pula, cenderung membuat penggunanya kurang menghargai sebuah proses atau lebih ke hal-hal yang serba praktis. Hal ini memberikan dampak yang kurang baik untuk menjadikan sebuah kebiasaan.

Hal ini perlu ditinjau lagi bagaimana pengguna itu memanfaatkan teknologi ini, apakah akan diambil yang positif atau sebaliknya. Selain itu sebagai pengguna alangkah baiknya memiliki filter/penyaring dari diri sendiri, mengetahui apa saja yang dapat bermanfaat bagi dirinya dan juga orang yang disekitarnya. 
Share:

2 komentar:

  1. akhirnya EMPEKATE dimasukkin euy :p

    BalasHapus
  2. @Cepy : korban dari tuntutan untuk berpikir dan mengarang sesukanya...:

    BalasHapus

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.