Kamis, 08 Mei 2014

Dulu VS Sekarang


Nah, jaman sekarang banyak banget perkembangan-perkembangan dari segi manapun. Dari teknologi, pergaulan, dan lain-lain. Banyak yang ngomong kalo anak jaman sekarang itu beda ama anak jaman dulu. Kalo jaman dulu itu maenannya cuma yang sifatnya jadul/tradisional dan kalo diterapkan ke jaman sekarang itu udah nggak ada. Pernah saya terlibat dalam obrolan kawan-kawan kuliah. Waktu itu seperti biasa, cuma ngobrol ngalor ngidul cari-cari bahan omongan yang bisa tahan lama, bisa mengocek perut, ketawa nggak jelas. Dan nggak disangka ternyata bahan obrolan itu nyinggung masalah nostalgia jama kecil mereka (termasuk saya juga). Karena kami orang kuliah asalnya nggak ada yang sama, ada yang asli orang pribumi, ada yang perantauan (saya sendiri). Nah, dari situ mulailah nyinggung masalah mainan apa yang sering dilakukan jaman kecil. Karena di sini, lagi musim layangan, jadi itu topik pertama yang kamu bahas. Dari situ udah dah ngumpul semua argumen-argumen dari masing-masing orang (termasuk saya), tp itu udah nggak terlalu beda jauh. Ada yang bilang kalo layangan itu bikin sendiri, ada yang kalo maen layangan lepas alias terbang sendiri karena udah kehabisan benangnya, nyampe ada yang dimainin di malam hari di kasih lampu biar keliatan nyala.

Nah, abis itu agak terbawa jaman. Berubah dari musim tamiya. Iya, musim tamiya yang ditayangin di tipi jaman anak-anak. Nyampe bela-belain beli segala, biar terlihat nyata. Terus di jajal/coba, di pake buat balapan sama kawan-kawan lain. Dan ini pun nggak kalah menarik dari musim layangan, sampe ada orang yang sengaja buat lintasan tamiya dari triplek, yang berbentuk seperti angka 8 dan juga ada toko yang jualan onderdilnya. Setelah musim layangan, tamiya dan ini nyinggung juga masalah musim beyblade. Musim ini pun juga berlangsung cukup lama, nggak kalah ama layangan dan tamiya. Bayblade di modif ini itu, dan ini kata mereka adalah musim maenan yang paling asyik, nyata. Karena lintasannya pun cuma pake wajan/penggorengan dan itu pun udah bikin kita asyik maen dan teriak-teriak kalo beblede saling tubruk. Dari sekian permainan yang disebutkan diatas, yang paling nggak mau di mainin itu cuma satu yaitu crashgare. Walaupun permainan semua itu karena ada di tipi, tapi cuma crashgare lah yang nggak paling di sukai. Kenapa?karena nggak nyata, nggak asyik. Di tipi itu saling tubruk, gerus, dll. Tapi pas kita maen itu cuma bisa maju, tubruk dan berhenti gitu aja (nggak jelas). Intinya sih, itu semua gegara jadi korban tipi.


Terus apa bedanya ama anak jaman sekarang? Jaman dulu itu mainannya kayak begituan(disebutkan diatas), tapi kalo jaman sekarang itu udah nggak jaman (katanya). Cuman sebagian orang aja yang masih maenin. Anak jaman sekarang pegangannya itu beda, udah pegang yang namanya smartphone, tablet, game online, dll. Kalo anak jaman dulu pegangannya tanah liat, nintendo, playstation, dan serba tradisional. 
Share:

2 komentar:

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.