Rabu, 03 September 2014

Kreatif itu Desainer, bukan “desainer”


Kalo orang bilang desainer itu kadang bikin yang denger itu langsung ngebayangin, ini orang wah banget. Sama kayak saya, kalo ada orang sekitar yang punya passion merancang/ngedesain itu ya kayak gitu. Wah. Padahal saya belum tau persis seperti apa desainer itu. Desainer atau sebutan orang yang mendesain, merancang. Menurut KBBI sih kayak gitu pengertiannya. Kan banyak juga kata yang di imbuhi akhiran –er berarti itu mengacu pada orangnya.

Pernah saya kerja di sebuah pabrik pembuat boneka, disana saya awalnya ngelamar kerja aja nggak tau bakal di terima jadi apa, lagian saya lulusan SMA bukan sekolah kejuruan yang mungkin mempunyai skill yang lebih kalo dibandingkan SMA. Tes ini itu saya jalani, nyampe akhirnya sang personalia bilang “besok mulai kerja ya”. Apa maksudnya, bukan seperti yang saya bayangkan karena bayangan saya kalo di terima itu pasti bilang begini “selamat, anda kami terima di perusahaan kami”. Ah, tapi nggak apa-apa mungkin emang ketrima, cuman beda katanya doang. Nah, besoknya ternyata saya masuk ke dalam divisi Design and Engineering. Apa lagi itu?batinku. Pikiran udah kemana-mana,nggak karuan, bakal kerja apa saya nanti. Tapi ya sudahlan, yang penting dapet kerja dulu lagian kan masih baru, jadi perlu belajar dong.

Nah, dari situ saya mengenal yang namanya desainer boneka. Jelas dong, orang pabrik pembuat boneka. Masa desain yang lain, kan nggak nyambung!. Saya liat sekarang, bukan cuman denger doang, tapi udah liat orangnya, kerjanya gimana. Pikiran saya dulu kalo desainer itu cuman gambar-gambar doang, tapi abis itu nggak tau gambarnya jadi wujud nyata nggak apa cuman sekedar gambar.  Tapi emang bener sih kerjaannya itu cuman nggambar. Awalnya. Nah abis itu baru di buat wujud aslinya, replikanya, pokoknya nyatalah bisa di liat, di pegang dan dinikmati.

Ngomongin soal desain, ngegambar dst. Saya juga pengen bisa jago gambar, tapi bukan cuman gambar doang tapi kalo bisa tau gimana bikinnya. Padahal kalo di liat history saya pas sekolah itu nggak ada hubungannya ama nggambar. Masuk TK cuman disuruh ngewarnain gambar, masuk SD nggambar gunung terus kalo di suruh nggambar. Masuk SMP ngegambar nggak bisa klop ama temanya, ama yang disuruh dan terakhir masuk SMA cuman ada mata pelajarannya doang, tapi nggak pernah yang namanya gambar. Dan nyampe sekarang juga belum bisa bikin sketsa di buku, cuman di angan-angan dan disimpen di otak. Soalnya saya itu biasanya kalo suruh bikin sketsa nantinya nggak sama ama yang di otak, malah bingung sendiri.


Kalo diliat para desainer itu emang banyak ide, kreatif orangnya, dan nggan stag disitu-situ aja. Pantaslah kalo bilang kreatif itu desainer,bukan “desainer”. Nah, desainer yang pake tanda kutip itu artinya saya sendiri kurang kreatif, nggak punya ide, idenya stag
Share:

2 komentar:

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.