Sabtu, 08 November 2014

Kali Min


Ada cerita yang bisa dikatakan kalo bakalan bisa ditangkap nalar atau tidak. Karna kalo di pikir pake nalar itu antara iya dan nggak dan kalo dipikir pake teori sama aja kayak gitu juga. Cerita ini udah cukup populer saat saya kecil dulu, bukan semacam cerita yang serius tapi cuman sebagai plesetan aja.

Mulai dari seorang yang bernama amin, yang tinggal di sebuah kampung yang jauh dari namanya modernisasi atau juga bisa dikatakan belum tersentuh teknologi. Kampung yang jauh dari perkotaan, bahkan sampe-sampe nggak ada yang kenal atau tau. Si amin ini orangnya lugu, polos, manut. Nah, dia itu orangnya gampang diajak kemana aja, dan kalo di ceritain juga gampang percaya. Ditambah lagi dia itu pendengar setia. Pas si amin ini sedang main ama temen-temen mainnya yang kebiasaannya cuman cerita-cerita yang ngelantur kemana-mana. Temen-temennya itu bukan cuman seumuran tapi juga ada yang lebih senior dari dia. Nah, setelah panjang lebar ngelantur kemana-mana ternyata nyinggung masalah ilmu dari segala ilmu. Matematika. Iya, itu pernah saya denger dari guru mapel MTK (sebutan dulu) yang bilang kalo matematika itu bapak dari segala ilmu. Semua ilmu pasti kembali pada kaitannya sama itung-itungan. Karera itung-itungan itu memudahkan dalam mendapatkan solusi/mempermudah penggambaran.

Dan cerita itu dimulai dari yang dinamakan simbol yang biasa dipake pas ngerjain itung-itungan. Pipolando. Sebutan para guru SD biar mempermudah untuk mengingat simbol itu. Maksud dari pipolando itu “PIng POro LAN suDO” itu kalo di indonesiain sama aja “perkalian pembagian penjumlahan dan pengurangan”. Sebutan itu cuman buat kami anak SD pedesaan yang pake bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari. Cerita itu dilanjutin dengan ngambil contoh, misal satu tambah satu itu berapa?satu kali satu itu juga berapa? Nah, kan udah pasti tau dong apa jawabannya. Trus ada kan kalo plus kali plus itu pasti plus dan min kali plus itu pasti min lagi. Nah, kalo misal min kali min itu jadinya apa? *pada mikir keras. Trus ada yang nyolot jawab kenceng “pasti plus lah”, yang lain tetep mikir sambil nyari alasan yang pas buat jawaban yang nyolot tadi. Dan udah sepakat buat setuju pada jawaban yang kenceng tadi. Baru abis itu langsung nanya apa jawaban itu benar atau salah. Dan akhirnya nggak sesuai dengan yang diharapkan kalo jawaban itu bakalan benar, malah sebaliknya dia (si penanya) bilang kalo jawaban itu salah. Giliran dipikir-pikir bareng-bareng dan dengan alasan yang di ada-adain supaya tetep kekeh bahwa jawaban itu benar.

Nah, ini alasan kenapa jawaban itu bisa salah. Emang bener kalo plus kali plus itu tetep plus dan min kali plus itu min karena itu ilmu matematika. Dan kalo ini min kali min itu jawabannya adalah loncat. Orang yang ada disitu pada nggak bisa nangkep jawabannya, dan biar pada paham apa maksudnya si penanya itu tanya ama si amin yang kebetulan juga ada disitu. Min, misal kalo kamu lagi main ke sungai dan pengen bisa nyampe di seberang apa yang kamu lakuin? dan kamu jadi yang terakhir buat nyebrang. Dengan muka polosnya si amin ini jawab “ yang loncat lah”. Kenapa itu bisa terjadi, begini alasannya. Tadi kan ada yang nyebutin ada kata “sungai = kali (dalam bahasa jawa)”. Dan min itu yang dimaksud bukan pengurangan melainkan min (penggilan buat si amin). 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Seorang Mahasiswa Teknik Kimia, suka hal hal simple, minimalis, seorang plegmatis.

Terbaru

Popular Posts

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.