Ada cerita yang bisa dikatakan
kalo bakalan bisa ditangkap nalar atau tidak. Karna kalo di pikir pake nalar
itu antara iya dan nggak dan kalo dipikir pake teori sama aja kayak gitu juga.
Cerita ini udah cukup populer saat saya kecil dulu, bukan semacam cerita yang
serius tapi cuman sebagai plesetan
aja.
Mulai dari seorang yang bernama
amin, yang tinggal di sebuah kampung yang jauh dari namanya modernisasi atau
juga bisa dikatakan belum tersentuh teknologi. Kampung yang jauh dari
perkotaan, bahkan sampe-sampe nggak ada yang kenal atau tau. Si amin ini
orangnya lugu, polos, manut. Nah, dia
itu orangnya gampang diajak kemana aja, dan kalo di ceritain juga gampang
percaya. Ditambah lagi dia itu pendengar setia. Pas si amin ini sedang main ama
temen-temen mainnya yang kebiasaannya cuman cerita-cerita yang ngelantur
kemana-mana. Temen-temennya itu bukan cuman seumuran tapi juga ada yang lebih
senior dari dia. Nah, setelah panjang lebar ngelantur kemana-mana ternyata
nyinggung masalah ilmu dari segala ilmu. Matematika. Iya, itu pernah saya
denger dari guru mapel MTK (sebutan dulu) yang bilang kalo matematika itu bapak
dari segala ilmu. Semua ilmu pasti kembali pada kaitannya sama itung-itungan.
Karera itung-itungan itu memudahkan dalam mendapatkan solusi/mempermudah penggambaran.
Dan cerita itu dimulai dari yang
dinamakan simbol yang biasa dipake pas ngerjain itung-itungan. Pipolando.
Sebutan para guru SD biar mempermudah untuk mengingat simbol itu. Maksud dari
pipolando itu “PIng POro LAN suDO” itu kalo di indonesiain sama aja “perkalian
pembagian penjumlahan dan pengurangan”. Sebutan itu cuman buat kami anak SD
pedesaan yang pake bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari. Cerita itu
dilanjutin dengan ngambil contoh, misal satu tambah satu itu berapa?satu kali
satu itu juga berapa? Nah, kan udah pasti tau dong apa jawabannya. Trus ada kan
kalo plus kali plus itu pasti plus dan min kali plus itu pasti min lagi. Nah,
kalo misal min kali min itu jadinya apa? *pada mikir keras. Trus ada yang
nyolot jawab kenceng “pasti plus lah”, yang lain tetep mikir sambil nyari alasan
yang pas buat jawaban yang nyolot tadi. Dan udah sepakat buat setuju pada
jawaban yang kenceng tadi. Baru abis itu langsung nanya apa jawaban itu benar
atau salah. Dan akhirnya nggak sesuai dengan yang diharapkan kalo jawaban itu
bakalan benar, malah sebaliknya dia (si penanya) bilang kalo jawaban itu salah.
Giliran dipikir-pikir bareng-bareng dan dengan alasan yang di ada-adain supaya
tetep kekeh bahwa jawaban itu benar.
Nah, ini alasan kenapa jawaban
itu bisa salah. Emang bener kalo plus kali plus itu tetep plus dan min kali
plus itu min karena itu ilmu matematika. Dan kalo ini min kali min itu
jawabannya adalah loncat. Orang yang ada disitu pada nggak bisa nangkep
jawabannya, dan biar pada paham apa maksudnya si penanya itu tanya ama si amin
yang kebetulan juga ada disitu. Min, misal kalo kamu lagi main ke sungai dan
pengen bisa nyampe di seberang apa yang kamu lakuin? dan kamu jadi yang
terakhir buat nyebrang. Dengan muka polosnya si amin ini jawab “ yang loncat
lah”. Kenapa itu bisa terjadi, begini alasannya. Tadi kan ada yang nyebutin ada
kata “sungai = kali (dalam bahasa jawa)”. Dan min itu yang dimaksud bukan
pengurangan melainkan min (penggilan buat si amin).
0 komentar:
Posting Komentar